Pengikut

Pengikut

Kamis, 09 Juni 2016

Sakitnya Tinggal Di Rumah Saudara

         Hai Guys ini adalah cerita gue yang kedua. Ini beneran yang pernah gue alami, mungkin kalian juga pernah rasain yang sama kayak gue. Gue udah anak piatu dari umur 6 tahun, dulu gue tinggal di Toba dan setelah mama gue meninggal papa gue memutuskan untuk merantau.  Hingga 3 tahun papa gue merantau lalu ia membawa gue dan kakak gue ke tempat ia merantau sedang kan abang gue dia harus tetap di sana karena saat itu dia sedang PKL. Kemudian papa gue menitip gue dan kakak gue di tempat saudara gue. Bukan saudara kandung sih, hanya saudara dari marga aja. Biasa la kalau orang batak, kalau ada hubungan marga berarti udah seperti saudara. Dan kalian tau ngak sih Guys masih ingat jelas gimana perlakuan mereka ke gue. Ketika kami di suruh dan kami melakukan kesalahan kami itu langsung di marahi, " bisa kerja ngak sih masak itu aja ngak bisa". Memang di tempat saudara ada saatnya mereka baik , seperti di ingetin makan, dirawat waktu sakit, diajarin belajar. Gue ngak tau alasan mereka baik sama gue tapi yang jelas kebaikan mereka ngak sebanding dengan sakit hati yang gue rasakan sama kakak gue. Tinggal di tempat saudara itu guys enaknya hanya 2 minggu aja setelah itu yah mereka berubah. Dulu Guys gue pengen banget punya sepeda trus gue minta sama papa gue untuk beli sepeda dan seminggu kemudian gue dapat sepeda memang ngak sesuai dengan yang gue ingini karna terlalu tinggi untuk gue. Gue belajar sepeda guys sampe sore dan anak saudara ku yang paling kecil ini pun ikut naik sepeda. Dan aku ngak tau kenapa guys tiba-tiba kakanya marah-marah dan bilang "kenapa rumah ini belum di beresin?.Kemudian adiknya jawab "orang ini kak, main sepeda aja dari tadi.
terus kakaknya bilang " sekali lagi kalian kayak gini kupatahkan sepeda kalian itu. Aku hanya diam mendengar perkataan adiknya, kami? padahal dia juga ikut naik sepeda. Dan semenjak itu guys gue selalu lihat-lihat waktu kalau mau main-main. Dan gue pernah beberapa kali di usir dari rumah mereka. Gue sering banget di suruh sama mereka, gue lupa guys di suruh ngapain yang jelas kakaknya usir gue " kalau kau ngak bisa di suruh pergi kau dari rumah ini, ngak usah kau datang-datang lagi. Pada saat itu juga guys gue nangis pergi dari rumah mereka ke tempat papa gue. Dan papa gue terkejut dengan apa yang dia dengar dari gue trus papa gue bilang " udah la nak, sabar aja la. Gue sedih banget papa gue ngak bisa buat apa-apa waktu itu, padahal tiap minggu papa gue selalu memberi mereka uang makan kami.tapi kalian tau guys mama mereka bilang " seberapa sih yang di kasih papa mu, biar tau kamu ya, seminggu aja mana cukup uang ini untuk makan kamu. kemudian besok paginya gue diantar pulang sama papa gue. Mereka tanya dari mana aja kamu? dari rumah papa ku jawab gue. ternyata gue dicariin sama mereka .
       Pernah sekali guys ketika mamanya nyuruh gue beli sembako ke kede di situ guys badan gue memang malas banget ke sana soalnya jalan nya naik-naik an, trus dengan muka malas gue minta uangnya, tapi dia malah ngak mau kasih, dia malah nyuruh anaknya paling kecil untuk membeli. dengan mudahnya anaknya bilang "kau apanya, kau ngak bisa lagi di suruh, pergi aja lah kau dari rumah ini. dan gue hanya bisa tarik napas doang. Akhirnya mama nya kasih aku uang untuk beli sembako. Ceritain mengenai beli sembako guys gue jadi ingat. waktu itu gue di suruh beli kalau tidak salah minyak lampu di tempat kede yang sama, waktu itu duit mereka memang lagi krisis bahkan uang recehan sangat berharga pada saat itu, gue beli minyak lampunya ternyata uangnya kurang, trus gue kembali lagi dan bilang kepada mereka bahwa uangnya ngak cukup dan anak nya paling kecil itu ngasih gue uang recehan dan gue kembali lagi ke kede itu trus pemilik kede nya bilang kalau uang itu sudah tidak berlaku lagi. trus gue kembali lagi ke rumah dan bilang kalau uang itu tidak berlaku lagi. dan anaknya paling kecil itu bilang " siapa bilang uang ini ngak laku? "om" itu kak jawab gue. "bilang sama abang itu ya masih laku uang ini. Akhirnya gue kembali ke kede aku hampir nangis waktu itu dan ketika gue sampe gue dapatin hal yang sama, gue ngak tau lagi harus gimana, gue pulang dan bilang kalau uang ini memang ngak laku lagi. Gue di marah-marahin dan bentak-bentak sama dia, dan kalian tau guys apa yang anak nya bilang ke gue " pergi aja la kau dari rumah ini ngak guna kau. Aku terdiam guys trus aku keluar dari rumahnya gue pura-pura mau jalan, tapi ternyata guys itu hanya alasan gue. Gue malu harus nangis di depan mereka. dan selama 2 tahun gue harus menahan beban batin gue. Dan pada akhirnya kami pergi dari rumah mereka karna kami di usir kakaknya yang hanya mungkin karna hal sepele. tapi gue senang banget ngak satu atap lagi dengan mereka. Gue ngak ceritain soal kakak gue karena gue ngak terlalu inget mengenai tentang dia waktu itu tapi yang jelas sakit yang dia rasain sama dengan yang gue rasain, dan gue juga sakit hati banget sama papa mereka yang selalu berpikiran negatif sama kakak gue. Itu masih sikit guys ngak gue ceritain masih banyak jelas perbuatan yang mereka lakuin sama kami.
        Dari situ gue belajar guys bahwa ngak seharusnya kita itu memperlakukan orang semena-mena kita. Jadi ketika teman gue ceritain kalau dia sakit hati sama saudaranya jadi gue udah ngerti gimana yang dia rasain, dan bukan hanya itu guys akhir-akhir ini gue juga tinggal di rumah saudara gue, 1 minggu gue di situ, gue langsung minta pulang ke rumah. Aku ngak tahan tinggal sama mereka.
oke guys sekian dari gue, makasih ya udah baca artikel ini semoga kalian semua senang dengan cerita gue. Maaf ya kalau ada salah-salah kata.

37 komentar:

  1. Gue juga merasakan hal yang sama seperti yang lo rasakan. Nyesekk banget di dada.

    BalasHapus
  2. tapi, posisinya anda numpang di rumah mereka, jadi mungkin mesti pinter pinter bawa diri. kalo enggak, mending tinggal sndiri aja....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimna si kak cara bawa diri yang bner? Rasanya apa² yg aku lakuin salah & gak sopan. Pdhal mnurutku biasa aja. Pdhl mnurutku dah bner. Kdng mau acting jd pmbatu gk dibolehin sma si tuan rumah. Ngomong gak bolehnya kya pke nada marah gtu. kalau aku nurut gk bantuin malah makin salah. Tp kalau aku tetep bantuin, nada marah itu muncul lagi. Jadi bingung aku tu

      Hapus
    2. Iya memang kita disitu slalau salah kak. Ngk pernah benar pokonya. Sekali aja kita buat kesalahan di bilang kita ngk di didik la. Pokoknya segala macam. Tapi kalau kita rajin kadang anak-anaknya ngejudge gitu. Sok cari muka la. Pokoknya kita pasti salah. Jadi yang kita bisa ya bersabar dan berdoa. Di jadikan pelajaran aja.yakin aja Selalu ada pelangi setelah hujan..😊

      Hapus
  3. sama seperti yg gue rasain ,kayak jadi pembantu

    BalasHapus
  4. Meskipun Gratis ada yg lebih sakit lagi, aku tinggal Sama keluarga 1 bulan bayar 500rb, acting jadi pembantu juga aku sindiran mereka tuh nusuk bangett. Sampe biasa aku gak keuar dari kamar. Menghabiskan waktu di kampus .

    BalasHapus
  5. Kalo di pikir secara logika. 500 rb itu bisa buat bayar kost loh kak, ada kostan yg 350k . Bayangin aja deh . Tinggal sama keluarga tapi bayar 500k sebulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasib kita sama kak😭😭😭😭 persis bangettt🤧🤧🤧🤧🤧🤧🤧

      Hapus
    2. Iya kak Veronika. Saudara itu hanya di mulut aja. Awal nya baik lama-lama keluar semua belatung nya.. ya udh Sabarin aja. Kalau kakak tahan ya pertahanin kalau ngk ya bicara baik-baik sama orang tua kakak gimana baiknya..😊

      Saya juga ada cerita baru jangan lupa di baca ya kak. Terimakasih atas kunjungan nya.😊

      Hapus
  6. Trus gmna ya caranya biar ngekost soalnya aku udah 4 bulan tinggal sama keluarga,dan pengennya kos aja soalnya makan hati.😩😩😩😩

    BalasHapus
  7. Hehehehhe itu tergantung kakak dan orang tua kakak sih sebenarnya. Pertama kakak udah bisa ngak jaga diri sendir tanpa orang lain? Kalau belum tak ada salah nya bertahan.
    Kedua. Bicara aja baik-baik dulu sama orang tua kakak. Jujur aja, walaupun mungkin orang tua kakak ngk percaya. Pasti orang tua kakak kasih solusi yang baik.

    BalasHapus
  8. Ya aAllah, aku ternyata ga sendirian , aku juga gitu gaes, posisi ku sekarang ini tertekan banget, bahkan aku kadang merasa diri ku kyak depresi, bahkan mikir yang enggak², apa apa yang aku lakuin pasti salah, semua salah Dimata mereka, aku tinggal di Bali numpang di rumah Kaka sepupuku, setiap hari rasanya kek jadi pembantu, itu sih jga ga sepenuhnya keberatan toh aku kan numpang di rumah dia, malah guwe kerjanya juga di dalam rumah(jahit), setiap hari kepala kaya mau meledak rasanya, kasih saran dong gaes, aku butuh semangat dari kalian huhuh😫😫

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat kamu yng sedang merasa kan yang seperti dulu saya rasakan. Sabar ya. Semua ada jalannya, tuhan udh siapin hal jauh lebih indah dari yang kmu pikirkan.
      Menurut saya, klu kmu sudah cukup dewasa dan mandiri, siap kerja juga. Kenapa ngk mencoba untuk berdiri di kaki sendiri. Klu bukan kamu yang memulai lalu siapa? Sebelum melangkah yang perlu kamu lakukan adlah berdoa terlebih dahulu. Krna tak ada yang lebih mengenal mu selain Tuhan.😊 Semangattt ya..

      Hapus
  9. Hem.. memanh tidak mudah hidup menumpang. Apalagi dengan saudara. Tetapi jika memang keadaan finansial pribadi tidak memungkinkan untuk kos, baiknya bertahan lah. Demi masa depan, paling gak selama numpang. Harus bisa menabung. Sehingga punya tempat tinggal sendiri..
    Betul. Menumpang terkadang merasa seperti pembantu, jika tidak dituruti maka akan ada perlakuan yg membuat hati tak nyaman. Apalagi jika perkataan menyakitkan hati kita.
    Sabar saja. Semua ada karma nya.
    Anggap saja kita balas budi karena kebaikan nya telah memberi tumpangan. Dan kita juga tau diri mau membantu mereka.
    Telan dan ikhlas saja semua perlakuannya.
    Tuhan tidak tidur..
    Yg penting, kita bisa jadi berkat utk keluarga yang mau memberi kita tumpangan. Karena jika kita memudahkan hidup mereka, maka hidup kita pun akan dimudahkan oleh Yang Diatas.
    Saya juga masih menumpang dirumah bibi. Sudah 18 tahun. Tidak mampu meninggalkan bibi yg sudah tua,saya bantu urus cucu nya juga. Apalagi anak2 bibi saya semua tinggal diluar kota. Terlebih, 18 tahun silam , ibu saya sakit kanker dan yg membiayai keluarga mereka. Jadi biarlah ini balas budi saya. Membantu mereka. Walaupun, terkadang hati sakit sekali dengan perlakuan dan ucapan bibi saya. Saya hanya tinggal disana, makan dan tidur. Untuk sekolah mereka tidak ikut membiayai. Bahkan utk bayar listrik dan air pun saya yang bayar. Bersih2 pun saya. Sakit hati ini jika pertolongan kepada ibu saya terus diungkit. Biarlah saya menolong dia yg skrg sudah tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Note: ibu saya sudah meninggal 18 thn silam. Dan pengobatan kankernya hanya bbrp bulan saja. Itupun yg dibiayia hanya 2x masuk rs. Dan ibu saya numpang dirumah bibi saya. Selama sakit yg urus ibu saya adalah nenek saya. Tp yg diungkit selalu bibi biayai rs ibu saya. Padahal ibu saya sudah tiada. Tp jika timbul rasa marahnya ke saya, dia akan mengungkit hal tersebut.. padahal selama saya tinggal disana, tak pernah seperak pun uang saya berani meminta. Makan pun tak berani sentuh jika tidak ditawarkan. Barang pun tak berani sentuh. Tetapi hal tersebut berkebalikan kepada saya. Saya harus berbagi makanan, barang, ikut mengisi rumah dan keperluan dengan uang saya pribadi. Untuk saat ini berat hati utk tinggalkan. Karena saya akan selalu dibilang tidak tau diri.

      Hapus
    2. Yang sabar ya, semua ada waktunya. Sebentar lagi kebebasan itu akan datang. Kamu hanya tinggal mempersiapkan dirimu. Jadikan itu sebagai pelajaran yang berharga. Terimakasih telah berbagi cerita. Aku harap kita bisa saling menguatkan satu sama lain..😊

      Hapus
  10. Ternyata nasib kita sama ya kak.
    Aku juga tinggal ditempat keluarga rasa nya sakit banget. Pengen pulang kerumah orang tua, setiap hari harus menahan air mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang pernah merasakan seperti ini kak. Bahkan saya beberapa kali tinggal tempat di saudara yang berbeda. Dan mereka memperlakukan saya berbeda juga walaupun sma buruknya. Tapi sekarang hidup saya di berkati oleh Tuhan. Yang perlu saya lakukan hanya mengasihi mereka yang menyakiti saya, melupakan perbuatan mereka. Karma itu urusan Tuhan bukan kita. Semakin benci kita pada mereka maka semakin sakit jiwa kita. Maka dari itu, sya putuskan memaafkan dan melupakan perbuatan mereka dalam hidup saya. Semangattt..😊

      Hapus
  11. Sama sayapun saat ini masih
    Numpang sama saudara, memang betul sih tinggal sama saudara itu gak enak banget,serba salah kita dibuat nya, tapi kita semua
    Harus tetap sabar ya kawan" Semuanya, semuanya pasti ada hikmah nya, biar Tuhan aja yg membalaskan perbuatan mereka terhadap kita. 😇

    BalasHapus
  12. Aku juga sama ngerasain hal yang sama. 😭 Emang gak enak tinggal dirumah sodara tuh, aku udah 1thn ini tinggal dirumah sodara. Kadang apa yang kita lakuin suka jadi serba salah, hal yang kecil pun bisa jadi salah. Sebenernya kita juga harus tau diri sih untuk tinggal dirumah sodara, masih ada yang mau nampung kita dirumahnya. Kadang suka lagi capek atau lagi gak pengen ngapai-ngapain, kita mau gak mau harus ngebantuin kalo gak ngebantuin yang ada diomongin, aku tipe orang yang sensitif jadi kalo ada omongan yang gak enakin suka sakit hati 😅 jalan satu-satunya kalo mau tinggal sendiri harus dapet kerja dulu, kebetulan belum dapet kerja apalagi dimasa pandemi gini jarang banget panggilan kerja tuh. Paling ya cuma bisa bersabar aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kamu tepat sekali. Banyak-banyak berdoa, sabar dan bekerja ya. Semua ada waktunya.

      Hapus
  13. Kasih saran yah ka.
    Aku tinggal di rumah sodaraku jauh bukan sedarah karena harus kuliah sodaraku yg bayarin kuliahku karna ngga boleh ngekos akhirnya aku tinggal bareng saudaraku suruh nemenin istrinya omku .mereka sih baik ngga pernah nyuruh" aku atau maksa aku buat ngelakuin pekerjaan rumah .tapi ntah knp aku merasa sedih terus setiap hari bahkan engga nyaman walaupun disini aku ya cukup di bilang enak makan tinggal makan tidur tinggal tidur .tapi knp yah ka ada saja yg mengganjal kadang sedih sendiri seperti ga ada teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Wanda, wahhh seperti nya yang kamu alami lebih baik dari yg saya rasakan dan teman-teman lain rasakan ya. Kamu cukup beruntung soal itu. Tapi menurut saya wajar kamu merasa seperti itu. Rasa segan itu memang manusiawi, apa lagi mereka begitu baik sama kamu. Untuk rasa kesepian itu, kamu hanya perlu membiasakan diri atau kamu cari kegiatan yang kamu sukai, atau memperbanyak teman. Atau mungkin kamu bisa bekerja juga. Tapi itu tergantung kamu yang menjalaninya. Jika kamu mau nambah teman kita bisa saling berkomunikasi. Silakan chat Gmail saya ya. Salam kenal dan tetap semangat ya.🙏👍

      Hapus
  14. Ternyata semua ya rata rata yang tinggal ama sodara itu ngebatinnnnn ga ada nyaman nyaman awalnya saja baik enak tp udh kelmaaan keluar deh sifat aslinyaaa ...


    Malah tinggal ama sodara jdi ngerasa ga jdi diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe.
      Buat kamu yang sabar aja ya. Semua ada waktunya. Mungkin memang kebetulan kita aja yang mengalami seperti itu. Soalnya di luar sana banyak juga dari mereka tinggal dengan saudaranya dan mereka baik-baik saja. Jadi kita jadi kan pelajaran aja ya.☺️

      Hapus
  15. Ternyata gua ngga sendirian kawan,saran gua ngekost aja/ngontrak habis itu Los kontak aja ngga usah ber urusan lagi sama orang itu biar hati kalian tenang "Ingat jangan dendam kawan"

    BalasHapus
  16. Sama juga yang saya rasakan
    Tapi bedanya saya tinggl samasaudara dekat
    Tapi apa2 semua harus saya yang lakuin
    Selalu saya di salahkan .
    Pekerjaan rumah semua saya yang harus bersihkan
    Kalau sakit mereka tidak percaya.
    Sakit banget rasanya
    Intinya klo kita tnggl sama mama
    Kalo marah pasti saya di teriakin smpe tetangga dengar
    Aku jadi malu

    BalasHapus
  17. Masih lumayan sih, pernah ga tinggal di rumah sendiri tapi rasa menumpang? Huhuu

    BalasHapus
  18. Kalau saya agak lebih baik tinggal di rumahnya kakak ketimbang di rumah orang tua. Meskipun ga terlalu nyaman untuk beraktivitas biarlah yang penting hati dan pikiran saya jauh lebih tenang.
    Ingin rasanya saya cepat punya rumah sendiri biar hati ga sakit sakit lagi.
    Semoga kita semua bahagia apapun keadaannya.

    BalasHapus
  19. Kita yang berada di jalan yang sama rata rata mengalami-nya ya,yahh keluhan seperti ga bisa menjadi diri sendiri,ga bisa begaul,ga bisa flexibel,selalu disuruhgdisuruh suruh,bisa self healing,selalu salah tanpa melihat perjuangan kita,rasa pilih kasih,rasa ga enak hati,rasa membatin,omongan yang menyayat hati,inilah pembelajaran hidup,ada saatnya kita akan terbebas dari itu semua,serahkan diri kepada tuhan kita masing masing,jangan lupa bekali diri kita sebelum kita memutuskan untuk mandiri..intinya sebelum kita izin atau memutuskan untuk mandiri..kita harus tegas mengambil keputusan..pikir dampak kedepannya,dan persiapkan bekal disaat kita mandiri nanti..tapi satu hal yang mesti kita ingat JANGAN MENGADU KE ORANGTUA ;)

    BalasHapus
  20. Yep, kayak yg aku rasakan sekarang. Ortu bgst (broken home) dan aku ditampung saudara (mereka meminta langsung). Bibi dan saudara sepupu tertua baik, tapi sisanya ya begitulah. Pertama enak tapi lama2 keluar sifat asli yang bikin ngebatin 'yo, wtf?'. Jujur aja aku orang yang gak mikir hal sepele selagi hal itu gak ngaruh ke aku buat 5 tahun kedepan dan gak suka campur aduk logika sama emosi. Tapi kalo sepanjang hari gini yaaaa tetep risih lah. Apalagi sekarang gak ada duit lanjut pendidikan, penyakit mental jadi blm bisa kerja, dan gak ada tempat yang bisa aku sebut rumah tempat untuk kembali.

    Haha, anehnya sahabat sendiri lebih fair dibanding saudara apalagi mereka orang pertama yang menyelamatkanku dari bunuh diri.

    BalasHapus